sodium cyanide

Sianida Pertambangan Emas

Sianida Pertambangan Emas

Sianida utamanya diproduksi untuk pertambangan emas dan perak: senyawa ini membantu melarutkan logam ini dari bijihnya. Pada proses sianida, bijih grade tinggi dicampur dengan sianida (konsentrasi sekitar 2 kg NaCN per ton); bijih low-grade ditumpuk dan disemprot dengan larutan sianida (konsentrasi sekitar 1 kg NaCN per ton). Logam mulia ini akan membentuk kompleks dengan anion sianida membentuk turunan yang dapat larut, seperti [Au(CN)2]− and [Ag(CN)2]−.[13]

4 Au + 8 NaCN + O2 + 2 H2O → 4 Na[Au(CN)2] + 4 NaOH

Perak lebih “rendah” daripada emas dan umumnya di alam muncul sebagai sulfida, dalam hal redoks tidak diperlukan (tidak ada O2 diperlukan). Sebaliknya, reaksi perpindahan yang terjadi:

Ag2S + 4 NaCN + H2O → 2 Na[Ag(CN)2] + NaSH + NaOH

Larutan induk yang mengandung ion ini dipisahkan dari padatannya, kemudian dibuang ke kolam limbah. Logam akan diambil kembali dari larutan induk dengan reduksi dengan abu seng atau diadsorpsi dengan karbon aktif. Proses ini dapat menghasilkan masalah kesehatan dan lingkungan. Sejumlah bencana lingkungan muncul akibat kolam limbah yang luber.

Larutan sianida akan terhidrolisa cepat, terutama jika ada cahaya matahari. Senyawa ini dapat membawa logam berat seperti merkuri jika ada. Sianida juga digunakan pada elektroplating, di mana dapat menstabilkan ion logam pada larutan elektrolit sebelum terdeposisi.

Ledakan SANGAT DAHSYAT di Tianjin dipicu Sodium Cyanide

Sodium cyanide yang menjadi pemicu ledakan sangat dasyat di Tianjin China beberapa hari yang lalu. Sumber:gratamachem-kimia.itrademarket.com Ledakan dasyat di gudang penyimpanan bahan kimia di Tianjin China yang sudah menelan korban jiwa sebanyak 114 orang dan melukai lebih dari 720 orang menimbulkan misteri. Faktor yang berkontribusi terhadap ledakan dasyat tersebut memang sudah mulai terungkap, yaitu adanya Sodium Cyanide yang ditimbun di parik kimia tersebut dalam jumlah yang spektakuler, yaitu mencapai ratusan ton.

Ledakan dasyat di Tianjin diduga berada dari gudang penyimpanan sodium cyanide. Sumber : www.dailypress.com Pertanyaan yang muncul sekarang adalah mengapa mereka menimbun Sodium cyanide yang sangat beracun dan tergolong ke dalam bahan kimia berbahaya dan diawasi sangat ketat peredarannya? Sodium cyanide seringkali dihubungkan sebagai bahan utama untuk memisahkan emas dari bagian lainnya dalam dunia pertambangan. Banyak pihak menduga bahwa sodium cyanide dalam jumlah besar ini memang diperuntukkan bagi kebutuhan pertambangan emas.

Desa tambang Zhaoyuan. Sumber : shandong.chinadaily.com.cn Tiga tambang emas terbesar di China berada di provinsi Shandong di sebelah selatan dekat kota Tianjin yang berfungsi sebagai kota pelabuhan internasional dan pusat logistik. Salah satu wilayah di propinsi Shandong yang bernama Zhaoyuan sebuah wilayah pedesaan kecil memiliki 68 tambang emas. Akhir-akhir ini permintaan warga China akan emas memang meningkat sangat tajam. Dalam dua dekade ini produksi emas China dua kali lipat, sehingga kini China merupakan produsen emas terbesar dunia. Tahun lalu saja China memproduksi emas sebanyak 14,5 juta ons yang umumnya berasal dari operasi 600 tambang emas swasta skala kecil. Dua tahun lalu China mencatatkan dirinya sebagai negara konsumen emas terbesar dunia yang umumnya diperuntukkan sebagai tabungan, perhiasan dan hadiah yang terkait dengan tradisi. Cadangan emas dalam jumlah besar dikontrol oleh pemerintah China sekaligus berfungsi sebagai Bank bayangan. Disamping itu emas juga berfungsi sebagai uang.

Memiliki emas sudah merupakan budaya di China. Sumber : usa.chinadaily.com.cn Baru-baru ini laporan dari World Gold Council menyebutkan bahwa memiliki emas di China sudah merupakan budaya dan tren seperti ini akan berlanjut ke depan. Sebagai gambaran Shanghai Gold Exchange yang merupakan satu-satunya pasar emas dalam bentuk fisik di China yang baru diresmikan 13 tahun lalu, ternyata sudah mencatat 1,8 juta orang pemiliki akun yang terdaftar. Pemerintah China menyakini bahwa dalam situasi hancurnya keuangan, maka emas dapat berfungsi sebagai cadangan yang dapat menyelamatkan China dari kehancuran finansial, seperti halnya yang terjadi di Korea Selatan pada saat terjadi krisis finansial pada tahun 1998 lalu. Jadi diduga bahwa timbunan sodium cyanide yang ada di pabrik kimia di Tianjin yang menyebabkan ledakan sangat dasyat tersebut terkait dengan rencana besar China untuk meningkatkan produksi emasnya yang memerlukan sodium cyanide dalam jumlah besar. Sumber : The Australian.

Categories: Uncategorized

Telephone

Telephone

Lokasi Kantor

Social Media

NEWS

NEWS